Sabtu, 26 Februari 2011

Rumah minimalis yang hijau

Disain rumah minimalis saat ini memang lagi ngetrend , membangun rumah dengan konsep minimalis sebaiknya juga yang ramah lingkungan sehingga dapat berdampak positif dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Salah satu elemen yang sangat penting dalam pembangunan rumah adalah ketika kita memilih material yang akan digunakan , pilihlah material yang ramah lingkungan.

Namun disamping pemilihan material yang ramah lingkungan , ada beberapa tips lainnya yang tidak kalah pentingnya yaitu :

Pilih lokasi yang tepat dalam pembangun rumah ramah lingkungan seperti di Lippo Cikarang misalnya. Jangan Anda bangun di lahan yang memang sudah tidak bisa di gunakan untuk bangun rumah atau yang sudah padat dengan penduduk, mintalah pendapat kepada konsultan arsitek yang sudah Anda pilih.

Kurangi penggunaan bahan – bahan elektronik yang menggunakan tenaga listrik yang akan menimbulkan pemanasan global.

Perbaikin dan bangun sistem pembuangan air yang baik sehingga sirkulasi dari pembuangan air akan berjalan dengan lancar.

Buatlah langit rumah yang tinggi karena langit yang tinggi akan memaksimalkan sirkulasi udara di dalam ruang sehingga memungkinkan banyak sinar dan udara yang masuk yang membuat ruang tidak memjadi panas dan lembab.

Perbanyak tanaman di sekitar rumah. Seperti menanam pohon cemara, pohon rambutan dan pohon – pohon besar lainnya jika rumah Anda mempunyai lahan yang cukup besar.
Banyak tanam tumbuhan – tumbuhan kecil seperti pohon bonsai, pohon belimbing, pohon kaktus dan pohon lainnya.

Pilihlah Arsitek design yang tepat seperti dalam pemilihan warna rumah yang sejuk, pengaturan tata letak dari furniture dan interior lainnya, mintalah bantuan kepada arsitek design dalam melakukan pemilihan warna, furniture dan bahan – bahan interior maupun eksterior apa yang cocok dan ramah dengan lingkungan.

Demikian tips yang semoga berguna bagi Anda yang ingin bangun rumah dengan konsep go green.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar